Langsingkah?

Friday 27 April 2012

Selain makanan (porsi, frekuensi, jenis), berat badan juga dipengaruhi oleh genetis (ras, besar tulang) dan aktivitas hewan. Jadi bagaimana menentukan bahwa porsi makanan yang diberikan sudah tepat? Berapa kg berat badan yang ideal untuk anjing dan kucing, dengan beragamnya ras?  Apakah pedoman pemberian makanan di bungkus makanan sudah cukup?

Patokan yang umum digunakan adalah bentuk penampakkan tulang rusuk, legok lapar (flank), dan garis tubuh baik dari atas maupun samping. Untuk badan ideal/ langsing, otot dada tampak rata, dan tidak terbagi seperti piano karena tulang rusuk yang tidak tertutup otot; legok lapar terlihat dan tidak cekung. Garis tubuh tampak atas memiliki 3 lekukan, yakni lekukan di bahu, lekukan dada dan perut, dan lekukan di panggul. Garis tubuh tampak samping, tidak didapati lemak perut yang menjuntai.


Jika bentuh tubuh peliharaan Anda kurang ideal, dapat diperbaiki di porsi makanan dan aktivitas. Selamat melangsingkan anjing dan kucing Anda.

bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb


Besides feeding (portion, frequency, type), body weight is affected by genetics (breed, size of bones) and pets’ activity. Regarding those parameters, is your regular feeding for your pets adequate? Is your dog/ cat body weight ideal? Is it enough just to follow the feeding instruction on the package?

General guideline to scoring the body weight is rib factor, flank factor, and both overhead and side view factors. Ideal body weight is acknowledged by covered ribs yet still touchable and not-hollow-flank yet still recognizable. From overhead view, there should be 3 curves, which are shoulder part, chest and tummy part, and hip part. Then again, side view part there should be no tummy tuck.

So, what is your pet body condition score? Is it ideal? If haven’t, alter the portion of feed and/ or the activities. Happy slimming your pet.

0 comments:

Post a Comment