Vaksinasi pertama

Sunday 6 May 2012

Pada anak anjing/ kucing yang menerima vaksinasi pertama, akan disarankan oleh dokter hewan untuk mengulangnya kembali 3-4 minggu kemudian. Pengulangan bulanan ini pada ras anjing kecil dan kucing sebanyak 2 kali, sehingga total vaksinasi di tahun pertama adalah 3 kali. Untuk ras anjing besar, vaksinasi diulang hingga 3 kali, dan total vaksinasi tahun pertama adalah 4 kali.

Apa guna dari pengulangan tersebut? Tidak lain adalah untuk menghasilkan antibodi/ kekebalan tubuh yang cukup untuk mencegah penyakit. Titer antibodi dipertahankan dengan pengulangan vaksinasi sekali setahun, setelah vaksinasi final tahun pertama. Jika vaksinasi tahunan terlewat, vaksinasi sebaiknya dilakukan dengan pengulangan 1 kali, dilanjutkan pengulangan setahun sekali.

Vaksinasi awal yang dilakukan pada umur 1.5-2 bulan, adalah vaksinasi spekulasi. Saat anak anjing/ kucing berumur 6-8 minggu, antibodi dari induk mulai mengalami penurunan. Jika antibodi maternal masih tinggi, vaksinasi spekulasi gagal. Jika antibodi maternal sudah turun, vaksinasi spekulasi berhasil membentuk antibodi awal. Oleh karena itu, anak anjing/ kucing memiliki antibodi yang cukup, sepanjang waktu, untuk menangkal penyakit. Pengulangan yang disarankan adalah 2 kali, karena bila vaksinasi spekulasi gagal, titer antibodi terbentuk baru akan cukup dengan vaksinasi yang kedua dan ketiga. 


bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb

Puppy and kitten that have received their first vaccination will be suggested to return 3-4 weeks later for another jab. These monthly booster will be done two times for small breed dog and cats, and three times for large breed dog. Thus, there will be 3 jabs for small breed dog and cat on the first year of vaccination program, and 4 jabs dog for large breed dog.

Booster of vaccination is promoting antibody to level that can protect against diseases. The antibody titer is maintained by annually vaccination, after the first year final jab. If the annually vaccination is missed, better be do it soon with monthly booster following. Afterward, the titer can be maintained by annually again.


The first vaccination which done during 1.5-2 months, is speculated vaccination. Why? During 6-8 weeks of age, maternal antibody is starting declining. If the maternal antibody still high enough, the vaccine is failed boosting any antibody. Then the second jab only builds half antibody and fulfilled by the third. 



0 comments:

Post a Comment