Demodecosis

Tuesday 13 November 2012

Demodecosis atau penyakit yang ditimbulkan oleh tungau Demodex caniscati adalah salah satu penyakit kulit yang bersifat kambuhan. Tungau ini adalah fauna normal kulit pada anjing/ kucing. Demodecosis baru menunjukkan gejala bila hewan mengalami penurunan fungsi kekebalan kulit. Penurunan fungsi perlindungan kulit ini diturunkan secara genetik (induk ke anak). Oleh karena itu, cara pengobatan tungau harus disertai peningkatan imun sistem hewan terutama sistem kulit. Suplemen yang dianjurkan adalah minyak ikan yang tinggi kandungan omega-3, vitamin A dan vitamin E, serta mineral seng (Zn). Selain itu, peliharaan yang sudah terdiagnosa demodecosis sebaiknya tidak dikawinkan.
Minyak ikan kaya omega-3
Gejala demodecosis beraneka, karena kekebalan kulit yang rusak rentan dengan infeksi sekunder dari jamur maupun bakteri. Kadang kulit juga menjadi luka akibat garukan dari hewan sendiri. Lokasi kulit yang rusak juga bermacam-macam, ada yang sebagian maupun menyeluruh.
Anjing dengan demodecosis
Demodecosis positif ditunjukkan dengan ditemukannya tungau dari folikel rambut hewan. Dokter hewan akan menemukkan tungau berbentuk seperti wortel dan berkaki 3 pasang (tungau muda) atau 4 pasang (tungau dewasa), atau telur tungau dengan bantuan mikroskop.
Penampakkan Demodex dengan mikroskop
bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb

Demodecosis is skin disease due to Demodex mite, which recurrence on and off. The mite is normal fauna on pet skin. The symptoms of demodecosis occur while immune system is dropping. The skin declining barrier system is hereditary. Thus, medication should be along with boosting body immune, such as supplements by fish oil that rich omega-3, vitamin A, vitamin E, and Zinc. But also, animal with demodecosis shall not be breed.
Demodex visualisation in hair follicle
The symptoms is variety, due to skin damage from the mite and secondary infection from fungus or bacteria. Sometimes it is worsen by scratches. The lesion can happen localized or general. Hence, to ensure the diagnosis needs microscopic exam. Vets will find carrot shape mite with 3 pairs legs (young) or 4 pairs legs (adult), or even mite eggs.
All sibling with genetically low skin immune system

0 comments:

Post a Comment