Seputar mandi

Friday 5 October 2012

Seberapa sering anjing/ kucing sebaiknya mandi? 
Paling ideal adalah sebulan sekali. Anjing dan kucing menggunakan kelenjar minyak untuk melembabkan kulitnya. Kelenjar keringat jumlahnya lebih sedikit dibanding manusia. Selain itu, letak kelenjar keringat hanya pada bagian tubuh tertentu seperti telapak dan sekitar hidung. Sehingga terlalu sering mandi dapat menyebabkan kulit anjing dan anjing kita kering. Bahkan terkadang mandi yang terlalu sering malah memicu kelenjar minyak bekerja lebih banyak, akibatnya anjing/ kucing menjadi lebih bau badan.
Apa saja persiapan memandikan hewan?
Anjing dan kucing bukan miniatur manusia yang cukup mandi dengan air dan sabun/ shampoo. Kulit anjing dan kucing memiliki beberapa batang rambut dalam tiap akar rambut. Penyisiran menyeluruh sebelum mandi dengan air, mempermudah masuknya air dan sabun ke tiap sela rambut. Basah akibat mandi juga harus dikeringkan dengan seksama karena sifat rambut hewan yang lebih menahan air. Anatomi bentuk telinga anjing dan kucing juga berbeda dengan manusia. Pastikan air tidak masuk ke dalam liang telinga horisontal untuk menghindari lembabnya liang karena air terperangkap di dalam. Di kemudian waktu, telinga yang lembab akan berbau karena perkembangan bakteri, akhirnya meradang (otitis).



Apakah boleh dengan shampoo manusia?
Jawabannya adalah ya dan tidak, tergantung dari komposisi shampoo yang digunakan. Komposisi utama shampoo anjing/ kucing adalah surfaktan, yang memiliki fungsi menyatukan minyak dengan air. Pada shampoo manusia umumnya terdapat bahan lain seperti pewarna, parfum, penyejuk, dll yang tidak dibutuhkan anjing kucing, bahkan harus dihindari karena dapat menjadi alergen.

Bagaimana dengan penggunaan wewangian? 
Kucing dan anjing memiliki indra penciuman lebih sensitif dibandingkan manusia. Bau yang kadang tidak tercium oleh kita, dapat diendus mereka. Wewangian (parfum) yang normal dan menyenangkan bagi kita manusia, pasti menyengat dan dapat menyakiti hidung mereka.

bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb


How often should we bath our cat/ dog pet?
Ideally is once a month. Dog and cat use their sebaceous (oil) gland for thermoregulation. Their sweat glands lesser than human and the location are limited within pad and nostril. Frequent wet bath using shampoo/ soap, breaks the oil cover, and dries the skin. Moreover, too much bath, induce the sebaceous gland produce more oil which pungent the body.

What should we prepare before bathing our cat/ dog pet?
Dog and cat are not human miniature that only adequate bathing with water and soap/ shampoo only. Their skins have more hair in every root stem. Thus, a comprehensively general combing/ brushing are needed to shed the death hair and effortlessly water and soap/ shampoo soaking. Since pet hair more water resistant than human, the water remains on the skin need to be dried thoroughly. The ear canal anatomy between human and cat/ dog also difference. Ensure no water linger inside the ear canal. Trapped moist can develop bacterial growth and ear inflammation.

Is any shampoo will do?
The main composition of soap or shampoo is surfactant, which blend water and oil. Human shampoo usually contains not only surfactant, but also color, fragrance, coolant, etc. Cat and dog do not need those things, and some animal have allergy to them.

Can we add perfume to scent them?
Cat and dog have more olfactory sense. They can detect vague smell. Fragrance aroma can harm their nostril. 

0 comments:

Post a Comment