Parvo

Monday 15 October 2012

Parvo adalah penyakit viral pada anjing kucing. Gejala penyakit ini adalah diare dan muntah darah. Darah yang keluar adalah darah segar sehingga memiliki bau khas amis darah. Virus parvo menyukai dan berkembang biak pada sel-sel yang bermultiplikasi dengan cepat. Anak anjing dan kucing mengalami perubahan drastis pada saluran pencernaan, dari hanya peminum susu menjadi penikmat protein. Sel-sel saluran cerna inilah yang menjadi habitat virus parvo.

Gejala klinis penyakit parvo
Virus parvo pada anjing disebut canine parvo virus (CPV), dan pada kucing disebut feline parvo virus (FPV). Kedua jenis virus ini memiliki kesamaan genetika secara umum. Virus ini dapat menular dari anjing ke anjing lainnya atau kucing ke kucing lainnya. Bahkan dari anjing ke kucing dan sebaliknya karena mutasi virus ini pada beberapa strain terbaru.

Virus parvo dalam saluran cerna bagian atas, akan dikompensasi tubuh dengan mual karena dianggap benda asing dalam tubuh. Anjing/ kucing akan muntah setiap ada makanan yang masuk dalam mulut. Penurunan nafsu makan yang ditandai dengan muntah ini akan memperparah infeksi. Padahal nutrisi dapat membantu anjing/ kucing melawan virus dengan pembentukkan antibodi/ kekebalan tubuh. Pada kucing lebih diperparah gangguan fungsi pernafasan karena FPV juga hidup dalam sel saluran pernafasan.

Anjing dan kucing yang positif terinfeksi parvo dan sudah mengalami gejala klinis di atas, harus segera dibawa dan dirawatinapkan. Obat-obatan dan nutrisi yang diperlukan akan diberikan melalui infus. Memberi makan dan minum obat akan sia-sia karena akan dimuntahkan.
Vaksinasi untuk mencegah penyakit parvo
Seperti virus pada umumnya, penyakit ini dapat dicegah dengan vaksinasi. Induk yang sudah divaksinasi dengan lengkap akan memberi kekebalan kepada anaknya melalui air susu. Anjing dan kucing yang tervaksinasi lengkap dan rutin akan memiliki kekebalan aktif bahkan pada area wabah.

bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb

Parvo is viral diseases on dogs and cats. The typical symptoms are bloody stool and vomit. The blood makes the stool and vomit has characteristic stingy odor from the blood scent. Parvovirus habitant and grow in rapid multiplied cell. Puppies and kitten have drastic digestion cell alter due to feed transform from milk protein to animal protein. These cell is the parvovirus preferred cell.


Bloody stool due to CPV
Parvovirus in dog is entitled canine parvovirus (CPV), while in cat is feline parvovirus (FPV). The two viruses have numerous similarity genetics. Thus, dog can be infected from other dogs or cats, due to mutation of the newest strain.

Parvovirus inside digestion tract will be detached by nausea and vomit, since the virus is considered as foreign body. Dogs and cats will lack of appetite, and severe the diseases. Due to antibody for combating parvovirus is from eaten nutrition.  Cats with FPV will get respiration problem too, which makes food sniffing difficulty and poorer the desire for food.

Pets with parvovirus positive and symptoms above should get vet care. Medications and nutrition goes in by injectable. Force-feeding simultaneously might vain since provoke more nausea and vomit.
IV drip implementation due to parvovirus

Like other virus, vaccination can prevent parvovirus diseases. Vaccinated bitch and queen will pass her immunity to the litter. Then, puppy and kitten can be protected by following injection, after 6 weeks. 

0 comments:

Post a Comment