Apa makanan anjing dan kucing?

Wednesday 21 March 2012

Mitos yang beredar:
Anjing dan kucing adalah versi mini kita manusia. Oleh karena itu, makanan cukup diberikan dalam porsi kecil dari makanan manusia.
Fakta:
Anjing dan kucing adalah domestikasi hewan liar yang karnivora. Akibat domestikasi tersebut, anjing dan kucing “terpaksa” ikut makan mengikuti sistem konsumsi manusia. Akan tetapi, pertumbuhan akan ideal bila pakan yang diberikan adalah khusus anjing dan kucing.

Kenyang tanpa nasi
Oleh karena sifat omnifora dalam anjing, terutama kucing yang karnivora sejati, pakan kaya protein sudah mengenyangkan. Karbohidrat berlebih yang masuk dalam tubuh anjing dan kucing hanya akan menjadi lemak dan membuat badan anjing kucing terlihat padat tetapi malahan beresiko terhadap penyakit jantung dan hati.

Lezat tanpa bumbu
Di alam bebas, anjing dan kucing pra-domestikasi makan daging mentah, yang pastinya tanpa bumbu tambahan. Hal ini ditunjang dengan fungsi indra pada anjing dan kucing yang lebih berkembang pada indra penciuman dibanding perasa. Oleh karena itu, sering dijumpai anjing dan kucing yang tertarik makan sampah. Bau sampah menarik indra penciuman mereka untuk memakan yang tersedia walau rasa sampah pastinya sudah basi.

bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb


Myth:
Dog and cat are mini version of human. Thus, they only need small portion of human food.
Fact:
Dog and cat are domesticated carnivores. Due to these, dog and cat reluctantly follow human routine. Still, their ideal growth is by using dog and cat particular feed.

Satiety without rice
Because of dog omnivorous, moreover in cat that carnivorous, eating high protein meal is already satiated.  Excess carbohydrate from rice rich diet, will become fat in the body. Though fat can make the body figure looks compact, risk of getting heart and liver diseases is also elevated.


Palatable without seasoning
Naturally, pre-domesticated dog and cat eat raw flesh, without spice for sure. This assured by under-developed sense of taste, but olfactory higher evolved, in both dog and cat. Therefore, it seen in dog and cat that attracted to trash. They willing to eat the garbage while the taste already spoiled.

0 comments:

Post a Comment