Mengapa kucing identik dengan toxoplasma?

Sunday 10 June 2012

Kucing identik dengan Toxoplasma karena kucing dan keluarganya adalah satu-satunya hewan yang meng-aktif-kan kista menjadi oosit. Oosit diaktifkan oleh kucing-kucing dan keluar bersama feses/ kotorannya. Namun, penularan  Toxoplasma  ke manusia bisa melalui keduanya, baik kista maupun oosit, melalui konsumsi. Kucing bukan satu-satunya penyebab tertularnya  Toxoplasma  ke manusia.


Untuk menghindari paparan kista, masak dengan matang daging yang akan dimakan. Kista berdiam di  otot/ daging hewan yang terinfeksi  Toxoplasma. Sedangkan paparan oosit, bisa dihindari dengan menjaga kebersihan terutama kebersihan makanan dan alat makan yang kita gunakan. Misal; mencuci bersih sayur dan buah yang dimakan segar/ mentah, mencuci tangan terutama setelah bekerja bersentuhan dengan tanah, dll.

Pada manusia, penularan juga terjadi melalui transfusi darah atau transplantasi organ. Selain itu, penularan  terjadi melalui plasenta dari ibu ke anak, yakni kasus yang menyebabkan si kucing seakan-akan menjadi musuh ibu hamil.

bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb

Cats often associated with Toxoplasma, because Felidae, domestic cats and member of its relatives, is the only animal which can activated cysts become oocysts. Oocyst will be shed through cats’ feces. Nevertheles, human can be infected both by cysts and by oocysts, by ingestion. Cats are not the only one to be blamed.

To avoid cysts exposure, cook meat consumption well. Cysts linger in animal muscle. For oocysts contact, can be hindered by keep the environment hygiene, specially food and utensil. Rinse thoroughly fresh vegetables and fruit. Wash hand completely after working with soil.


In human, transmission Toxoplasma, as well happen by blood transfusion and organ transplantation. It is also spreading through placenta from mother to her conceived baby, cases that make cats being enemy of pregnant woman. 


0 comments:

Post a Comment